Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi simbol - simbol yang sering digunakan dalam membuat ERD, Use Case diagram, Activity Diagram dan Class Diagram. Berikut Ulasannya :
ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM
ENTITAS (ENTITY)
Entitas merupakan data inti yang akan disimpulkan bakal tabel pada basis data benda yang memiliki data dan harus disimpan agar dapat diakses oleh aplikasi computer penamaan entitas biasanya lebih kedata benda dan belum merupakan nama tabel.
ATRIBUT
Field atau kolom data yang butuh disimpan dalam suatu entitas.
ATRIBUT KUNCI PRIMER
Field atau kolom data yang butuh disimpan dalam suatu entitas dan digunakan sebagai akses record yang diinginkan biasanya berupa id kunci primer dapat lebih dari satu kolom, asalkan kombinasi dari beberapa kolom tersebut dapat bersifat unik (berbeda tanpa ada yang sama).
RELASI
Relasi yang menghubungkan antar entitas biasanya diawali dengan kata kerja.
ASOSIASI (ASSOCIATION)
Penghubung antara relasi dan entitas dimana dikedua ujungnya memiliki multiplicity kemungkinan jumlah pemakaian. Kemungkinan jumlah maksimum keterhubungan antara entitas satu dengan entitas yang lain disebut dengan kardinalitas. Misalkan ada kardinalitas 1 ke N atau sering disebut dengan one to many menghubungkan entitas A dan entitas B.
USE CASE DIAGRAM
AKTOR (ACTOR)
Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan system informasi yang akan dibuat diluar system informasi yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun symbol dari actor adalah gambar orang, tapi actor belum tentu merupakan orang, biasanya dinyatakan merupakan kata benda dari awal frase nama aktor.
USE CASE
Fungsionalitas yang disediakan system sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antara unit atau aktor, biasanya dinyatakan dengan kata kerja di awal di awal frase nama use case.
USE CASE
Fungsionalitas yang disediakan system sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antara unit atau aktor, biasanya dinyatakan dengan kata kerja di awal di awal frase nama use case.
ASOSIASI (ASSOCIATION)
Komunikasi antara actor dan use case yang berpartisipasi pad ause case atau use case memiliki interaksi dengan actor.
EKSTENSI (EXTEND)
Relasi use case tambahkan kesebuah use case dimana use case yang ditambahkan tidak dapat berdiri sendiri walaupun tanpa use case tambahan itu. Mirip dengan prinsip inheritance pada pemrograman berorientasi objek, biasanya use case tambahan memiliki nama depan yang sama dengan use case yang ditambahkan.
Komunikasi antara actor dan use case yang berpartisipasi pad ause case atau use case memiliki interaksi dengan actor.
EKSTENSI (EXTEND)
Relasi use case tambahkan kesebuah use case dimana use case yang ditambahkan tidak dapat berdiri sendiri walaupun tanpa use case tambahan itu. Mirip dengan prinsip inheritance pada pemrograman berorientasi objek, biasanya use case tambahan memiliki nama depan yang sama dengan use case yang ditambahkan.
INCLUDE
Relasi use case tambahan kesebuah use case dimana use case yang ditambahkan memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat dijalankan use case ini.
ACTIVITY DIAGRAM
ACTIVITY DIAGRAM
STATUS AWAL
Status awal aktivitas sistem sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status awal.
AKTIVITAS
Status awal aktivitas sistem sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status awal.
AKTIVITAS
Aktivitas yang dilakukan sistem, aktivitas biasanya diawali dengan kata kerja.
PERCABANGAN (DECISION)
Asosiasi percabangan diaman jika ada pilihan aktivitas lebih dari satu.
STATUS AKHIR
PERCABANGAN (DECISION)
Asosiasi percabangan diaman jika ada pilihan aktivitas lebih dari satu.
STATUS AKHIR
Status akhir yang dilakukan sistem, sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status akhir.
SWIMLANE
SWIMLANE
Memisahkan organisasi bisnis yang bertanggung jawab terhadap aktivitas yang terjadi.
CLASS DIAGRAM
KELAS (CLASS)
KELAS (CLASS)
Merupakan kelas pada struktur sistem.
KEBERGANTUNGAN (DEPENDENCY)
KEBERGANTUNGAN (DEPENDENCY)
Relasi antar kelas dengan makna kebergantungan antar kelas.
SEQUENCE DIAGRAM
AKTOR
Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat diluar sistem informasi yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor adalah gambar orang, tapi aktor belum tentu merupakan orang; biasanya dinyatakan menggunakan kata benda di awal frase nama aktor.
GARIS HIDUP (LIFELINE)
Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat diluar sistem informasi yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor adalah gambar orang, tapi aktor belum tentu merupakan orang; biasanya dinyatakan menggunakan kata benda di awal frase nama aktor.
GARIS HIDUP (LIFELINE)
Objek entity, antar muka yang saling berinteraksi.
BOUNDARY
Digunakan untuk menggambarkan sebuah form.
CONTROL CLASS
Digunakan untuk menghubungkan boundary dengan tabel/entity.
ENTITY CLASS
BOUNDARY
Digunakan untuk menggambarkan sebuah form.
CONTROL CLASS
Digunakan untuk menghubungkan boundary dengan tabel/entity.
ENTITY CLASS
Digunakan untuk menggambarkan hubungan yang akan dilakukan.
PESAN TIPE SEND
Menyatakan bahwa suatu objek mengirimkan data/masukan informasi keobjek lainnya, arah panah mengarah pada objek yang dikirim.
No comments:
Post a Comment